Desain Komunikasi Visual
Selamat Datang di Portal dan WebForum
Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI
(DKV Unindra)

Bila Anda warga DKV Unindra, segera Register dan aktif bergabung agar dapat menikmati fasilitas dan informasi-informasi.

Mohon gunakan Nama Asli dan isi data sesuai dengan yang sebenarnya, untuk menjaga komunikasi yang baik.

Terima kasih.

Industri Pembuatan Huruf Digital itu menjanjikan! contohnya : CAMPOTYPE

Go down

Industri Pembuatan Huruf Digital itu menjanjikan! contohnya : CAMPOTYPE

Post  abdulhapizhilman on Wed 02 Nov 2011, 2:58 pm




All Right reserved by http://www.ridgeracer.com/

Oleh: Abdul Hapiz Hilman

Adalah CAMPOTYPE (http://new.myfonts.com/foundry/AAWM/ | http://www.dafont.com/andi-aw-masry.d1894 | http://www.campotype.com/), sebuah nama type foundry/ lebih tepatnya brand bagi 'perusahaan pembuat huruf' yang diciptakan oleh 'mas' Andi AW. Masry. CAMPOTYPE sejauh yang saya tahu merupakan satu-satunya type foundry yang berhasil masuk ke pasar website MyFonts (Website Penjual Font Secara Komersil) yang berasal di Indonesia, khususnya di kota Depok... ya! Benar CAMPOTYPE berada di Kota Depok, Jawa Barat.

Penulis sempat berkunjung ke studio Campotype! dan bertemu langsung dengan 'mas' Andi AW. Masry yang sangat 'open'. Pertemuan ini tidak instan atau kebetulan, melainkan saya yang memang memiliki galeri huruf di dafont.com sama dengan beliau, kami saling mengirim pesan dan disanalah saya mengenal mas Andi AW. Masry yang ternyata menetap di Depok (sama-sama satu lokasi ternyata..)

Dipembicaraan yang sebelum2 nya dengan beliau, diketahui bahwa huruf komersil nya "Slantblaze Pro" yang dijual di MyFonts ternyata dipakai oleh gim balap diluar negeri yang bernama RIDGE RACER! Wow sebuah kebanggan menurut saya dan termasuk sebagai warga negara Indonesia dan masyarakat kota Depok ketika melihat huruf karya anak bangsa dipakai oleh gim yang mencakup seluruh dunia kalo bisa dibilang begitu... Slantblaze Pro dijual hanya $25 saja.



Ketika penulis berada di studio Campotype, disana saya mendapat semangat dari beliau dan inspirasi yang berkaitan dengan dunia profesi type designer/ perancang huruf yang begitu menjanjikan. Disamping itu pula, proses perancangan huruf digital yang memang begitu 'rumit' dibeberkan olehnya dengan aplikasi pembuat huruf buat kalangan profesional FONTLAB Studio 5 yang butuh pemahaman logika (hampir mirip membuat script2 untuk membuat software) Rolling Eyes

Pertemuan yang singkat itu membuat saya berpikir sejenak dan sekaligus sebagai motivasi saya untuk mencoba dan terus mencoba menjadi seorang type designer (kalau boleh bisa dibilang begitu) yang karya2 huruf nya dapat GO INTERNATIONAL seperti mas Andy dengan CAMPOTYPE nya dan dapat berguna bagi masyarakat khususnya kalau bisa dengan tulisan ini bisa menginspirasi warga DKV UNINDRA yang ingin terjun ke dunia tipografi bisa melirik dunia ini.

--- check this out about CAMPOTYPE ---

http://en.wikipedia.org/wiki/Campotype
http://www.dafont.com/profile.php?user=190289
http://www.campotype.com/
http://new.myfonts.com/foundry/AAWM/
http://cg.scs.carleton.ca/~luc/indonesia.html

[hussstt... ada info 'rahasia nih..." diam2, tapi pasti, mas Andy akan segera 'jualan' huruf di LINOTYPE!!! wow... kalo hal itu terwujud berarti dia merupakan orang kedua setelah mas Danton Sihombing yang juga 'jualan' huruf di LINOTYPE "Tempat nya HELVETICA hihihihi"....]

Ayo siapa yang mau nyusul yang menjadi ketiga dan seterusnya dari Indonesia?

_________________
afro I LOVE TYPOGRAPHY FOREVER | Please Visit My Web http://fizzeticatypefoundry.tumblr.com farao lol!
avatar
abdulhapizhilman

Posts : 9
Join date : 2011-06-04
Age : 30
Location : Depok City

View user profile http://fizzeticatypefoundry.tumblr.com

Back to top Go down

Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum